Sebuah strategi pemasaran yang
sukses membutuhkan sebuah identitas, merek atau brand company yang kuat.
Identitas ini harus jelas dan harus mampu mencerminkan perusahaan maupun
memberikan daya tarik yang dapat memikat konsumen. Slogan itu
sendiri adalah Kalimat singkat dalam poster yang menarik
perhatian serta memotivasi orang untuk melakukan apa yang ada dalam sebuah
poster dan juga digunakan untuk promosi barang-barang.Tujuan utama dari slogan
adalah untuk memberikan suatu key message dari merek atau produk
tersebut yang membekas didalam benak / pikiran dari konsumen.
Marketing slogans yang kuat dan menarik harus memperhatikan
hal-hal dibawah ini :
- Be memorable / Slogan harus mudah diingat
- Address the consumer / target / Siapa yang menjadi target konsumen kita
- Be Positive / Slogan harus bersifat positif ( tidak menjelekkan pihak lain )
- Separate you from your competition / Slogan perusahaan Anda harus berbeda dari Kompetitor
- Relate to the consumer./ Slogan perusahaan Anda harus berkaitan dengan konsumen
Kita dapat memperlajari bagaimana pemilihan Slogan yang smart, tepat dan menarik dari perusahaan-perusahaan dibawah ini :
- Be memorable / Slogan harus mudah diingat
- Address the consumer / target / Siapa yang menjadi target konsumen kita
- Be Positive / Slogan harus bersifat positif ( tidak menjelekkan pihak lain )
- Separate you from your competition / Slogan perusahaan Anda harus berbeda dari Kompetitor
- Relate to the consumer./ Slogan perusahaan Anda harus berkaitan dengan konsumen
Kita dapat memperlajari bagaimana pemilihan Slogan yang smart, tepat dan menarik dari perusahaan-perusahaan dibawah ini :
1. MICROSOFT “ Where do you want to go today ?”
Microsoft “Where do you want to go today?” merupakan kampanye iklan pertama kali di dunia dari Microsoft. Pertamakali Slogan ini diluncurkan dengan menggunakan media cetak, televisi, billboard, dll. Diluncurkan pada tahun 1994, biaya yang dikeluarkan oleh Microsoft sebesar $ 100.000.000
Slogan Microsoft : Where do you want to go today? Slogan ini dibuat berdasarkan visi dari pendirinya Bill Gates dimana Microsoft berambisi menjadi jembatan dalam era digitalisasi dimana segala aktivitas baik bisnis maupun rumah tangga , dimanapun, kemanapun dan kapanpun, orang akan menggunakan komputer baik itu pc, desktop, ataupun notebook.
2. VISA " It's Everywhere You Want to Be "
Visa USA : " It's Everywhere You Want to Be " Slogan baru ini ditujukan untuk menyampaikan gagasan bahwa Visa adalah metode pembayaran yang paling diterima di dunia. Kampanye slogan baru dari Visa disiarkan pada Olimpiade. Dengan mempromosikan bahwa Visa merupakan kartu kredit eksklusif. Hasil dari kampanye Slogan baru Visa melalui siaran televisi nasional, majalah, hight traffic situs Web dan billboards maka dalam jangka waktu selama tiga bulan dan kampanye dari Slogan Visa ini dapat menarik kesan / impresi dari sekitar 4 miliar pemirsa / konsumen
3. PHILIPS "Let's make things better"
"Let's make things better" adalah Slogan Philips. suatu perusahaan electronic raksasa Belanda
Koninklijke Philips Electronics N.V. (Royal Dutch Philips Electronics Ltd.), biasa dikenal sebagai Philips, ialah salah satu produsen elektronik konsumen terbesar di dunia. Pada 2004, penjualannya sekitar € 30,3 juta dan mereka mempekerjakan 161.586 orang di lebih dari 60 negara. Pada 2004, Philips memiliki slogan "Let's make things better" Dan di tahun 2004 Philips mengganti slogannya dengan slogan yang baru : "Sense and Simplicity".
4. LG "Life's Good".
LG ", singkatan dari" Goldstar Lucky ". Slogan perusahaan ini adalah : "Life's Good".
LG dikenal di dunia sebagai produk peralatan elektronik berkwalitas dan orang menghargai merek ini. LG- a Lucky Goldstar atau Life's Good. diciptakan oleh : Shefali Roy.
LG is a world renowned brand and people hold this brand ...Living Up to Their "Life's Good" . Produk LG adalah home electronics seperti radio, jam dan peralatan elektronik lainnya.
5. YAHOO “ Do you Yahoo “
Slogan “ Do you Yahoo “ memiliki sasaran dimana pengguna internet di dunia menggunakan produk Yahoo ini. Yahoo Inc (NASDAQ: yahoo) merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, didirikan oleh Jerry Yang and David Filo in January 1994. Yahoo menyediakan layanan melalui Internet di seluruh dunia. Perusahaan ini dikenal untuk portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo Directory, Yahoo Mail, Yahoo News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), berbagi video (Yahoo! Video), dan media sosial website dan services. Yahoo tumbuh pesat sepanjang tahun 1990-an sampai saat inipun Yahoo merupakan satu provider pelayanan Internet yang terkemuka didunia ini.
6. COCA COLA - The Real Thing
Kita pernah mendengar slogan Coca Cola - Always Coca-Cola. Di tahun 1993
The Real Thing Coca-Cola - menekankan bahwa minuman Coca Cola adalah "sebuah minuman sehat yang menyenangkan, cocok mengurangi kelelahan dan sangat diperlukan untuk bisnisman dan profesional, mahasiswa, orang-orang aktif dan para atlet".
Slogan Coca-Cola "Real Thing" memperoleh kemenangan dari industri periklanan di Amerika sebagai salah satu the best Slogan.
7.BMW - The ultimate driving machine
BMW adalah singkatan dari Bavarian Motor Works adalah perusahaan automotif Jerman yang didirikan pada tahun 1916. BMW merupakan perusahaan induk dari Rolls-Royce Motor Cars. BMW memproduksi sepeda motor di bawah BMW Motorrad dan merek Husqvarna. BMW dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi kendaraan mewah dan merupakan leader dunia di dalam penjualan mobil premium.
BMW merubah Slogansnya beberapa kali :
Berikut adalah Marketing slogans dari BMW :
BMW. The Ultimate Driving Machine.
BMW. Sheer Driving Pleasure.
The Ultimate Driving Experience.
BMW telah naik peringkatnya dari peringkat nomor 11 untuk mobil Eropa yang dipasarkan di USA menjadi peringkat nomor satu untuk penjualan mobil Eropa di Amerika Serikat. Perubahan slogan BMW menjadi The Ultimate Driving Machine membuat penjualan BMW semakin sukses dipasaran automotif.
Microsoft “Where do you want to go today?” merupakan kampanye iklan pertama kali di dunia dari Microsoft. Pertamakali Slogan ini diluncurkan dengan menggunakan media cetak, televisi, billboard, dll. Diluncurkan pada tahun 1994, biaya yang dikeluarkan oleh Microsoft sebesar $ 100.000.000
Slogan Microsoft : Where do you want to go today? Slogan ini dibuat berdasarkan visi dari pendirinya Bill Gates dimana Microsoft berambisi menjadi jembatan dalam era digitalisasi dimana segala aktivitas baik bisnis maupun rumah tangga , dimanapun, kemanapun dan kapanpun, orang akan menggunakan komputer baik itu pc, desktop, ataupun notebook.
2. VISA " It's Everywhere You Want to Be "
Visa USA : " It's Everywhere You Want to Be " Slogan baru ini ditujukan untuk menyampaikan gagasan bahwa Visa adalah metode pembayaran yang paling diterima di dunia. Kampanye slogan baru dari Visa disiarkan pada Olimpiade. Dengan mempromosikan bahwa Visa merupakan kartu kredit eksklusif. Hasil dari kampanye Slogan baru Visa melalui siaran televisi nasional, majalah, hight traffic situs Web dan billboards maka dalam jangka waktu selama tiga bulan dan kampanye dari Slogan Visa ini dapat menarik kesan / impresi dari sekitar 4 miliar pemirsa / konsumen
3. PHILIPS "Let's make things better"
"Let's make things better" adalah Slogan Philips. suatu perusahaan electronic raksasa Belanda
Koninklijke Philips Electronics N.V. (Royal Dutch Philips Electronics Ltd.), biasa dikenal sebagai Philips, ialah salah satu produsen elektronik konsumen terbesar di dunia. Pada 2004, penjualannya sekitar € 30,3 juta dan mereka mempekerjakan 161.586 orang di lebih dari 60 negara. Pada 2004, Philips memiliki slogan "Let's make things better" Dan di tahun 2004 Philips mengganti slogannya dengan slogan yang baru : "Sense and Simplicity".
4. LG "Life's Good".
LG ", singkatan dari" Goldstar Lucky ". Slogan perusahaan ini adalah : "Life's Good".
LG dikenal di dunia sebagai produk peralatan elektronik berkwalitas dan orang menghargai merek ini. LG- a Lucky Goldstar atau Life's Good. diciptakan oleh : Shefali Roy.
LG is a world renowned brand and people hold this brand ...Living Up to Their "Life's Good" . Produk LG adalah home electronics seperti radio, jam dan peralatan elektronik lainnya.
5. YAHOO “ Do you Yahoo “
Slogan “ Do you Yahoo “ memiliki sasaran dimana pengguna internet di dunia menggunakan produk Yahoo ini. Yahoo Inc (NASDAQ: yahoo) merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, didirikan oleh Jerry Yang and David Filo in January 1994. Yahoo menyediakan layanan melalui Internet di seluruh dunia. Perusahaan ini dikenal untuk portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo Directory, Yahoo Mail, Yahoo News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), berbagi video (Yahoo! Video), dan media sosial website dan services. Yahoo tumbuh pesat sepanjang tahun 1990-an sampai saat inipun Yahoo merupakan satu provider pelayanan Internet yang terkemuka didunia ini.
6. COCA COLA - The Real Thing
Kita pernah mendengar slogan Coca Cola - Always Coca-Cola. Di tahun 1993
The Real Thing Coca-Cola - menekankan bahwa minuman Coca Cola adalah "sebuah minuman sehat yang menyenangkan, cocok mengurangi kelelahan dan sangat diperlukan untuk bisnisman dan profesional, mahasiswa, orang-orang aktif dan para atlet".
Slogan Coca-Cola "Real Thing" memperoleh kemenangan dari industri periklanan di Amerika sebagai salah satu the best Slogan.
7.BMW - The ultimate driving machine
BMW adalah singkatan dari Bavarian Motor Works adalah perusahaan automotif Jerman yang didirikan pada tahun 1916. BMW merupakan perusahaan induk dari Rolls-Royce Motor Cars. BMW memproduksi sepeda motor di bawah BMW Motorrad dan merek Husqvarna. BMW dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi kendaraan mewah dan merupakan leader dunia di dalam penjualan mobil premium.
BMW merubah Slogansnya beberapa kali :
Berikut adalah Marketing slogans dari BMW :
BMW. The Ultimate Driving Machine.
BMW. Sheer Driving Pleasure.
The Ultimate Driving Experience.
BMW telah naik peringkatnya dari peringkat nomor 11 untuk mobil Eropa yang dipasarkan di USA menjadi peringkat nomor satu untuk penjualan mobil Eropa di Amerika Serikat. Perubahan slogan BMW menjadi The Ultimate Driving Machine membuat penjualan BMW semakin sukses dipasaran automotif.
8. POLYTRON “Memang Canggih”
Merupakan produsen raksasa produk-produk elektronik Indonesia. Polutron memperkenalkan tagline baru perusahaan ini pada tahun 2011 : “Memang Canggih”. Slogan Memang Canggih ini adalah Slogan baru Polytron. Tagline baru ini tertulis dengan jelas di bawah logo tulisan “Polytron”.
Dengan tagline baru ini, Polytron berharap citra positif Polytron semakin meningkat. Selama ini, Polytron dikenal sebagai satu-satunya perusahaan elektronik Indonesia yang menghasilkan produk berkualitas dan paling mampu bersaing dengan banyaknya kompetitor dari luar negeri
9. TEH BOTOL SOSRO “ Apapun makannya, minumnya teh botol Sosro “
Tidak banyak produk Indonesia yang begitu membanggakan dan mampu mengalahkan kekuatan produk internasional. Salah satu produk membanggakan yang dapat mengalahkan produk luar adalah Teh Botol Sosro. Produk-produk asing yang dikalahkan adalah produk yang telah memiliki brand image di dunia Internasional. Perlahan tapi pasti produk teh botol sosro mulai mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia. Terlebih ketika slogan "Apapun makannya, minumnya teh botol sosro" di munculkan. Slogan ini tidak saja mengguncang sesama produk teh namun juga produk minuman secara keseluruhan.
10. ANTANGIN “wes-ewes ewes bablas angine.
Merupakan produsen raksasa produk-produk elektronik Indonesia. Polutron memperkenalkan tagline baru perusahaan ini pada tahun 2011 : “Memang Canggih”. Slogan Memang Canggih ini adalah Slogan baru Polytron. Tagline baru ini tertulis dengan jelas di bawah logo tulisan “Polytron”.
Dengan tagline baru ini, Polytron berharap citra positif Polytron semakin meningkat. Selama ini, Polytron dikenal sebagai satu-satunya perusahaan elektronik Indonesia yang menghasilkan produk berkualitas dan paling mampu bersaing dengan banyaknya kompetitor dari luar negeri
9. TEH BOTOL SOSRO “ Apapun makannya, minumnya teh botol Sosro “
Tidak banyak produk Indonesia yang begitu membanggakan dan mampu mengalahkan kekuatan produk internasional. Salah satu produk membanggakan yang dapat mengalahkan produk luar adalah Teh Botol Sosro. Produk-produk asing yang dikalahkan adalah produk yang telah memiliki brand image di dunia Internasional. Perlahan tapi pasti produk teh botol sosro mulai mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia. Terlebih ketika slogan "Apapun makannya, minumnya teh botol sosro" di munculkan. Slogan ini tidak saja mengguncang sesama produk teh namun juga produk minuman secara keseluruhan.
10. ANTANGIN “wes-ewes ewes bablas angine.
“Wes-ewes-ewes,
bablas angine”. Demikian ucapan Basuki (alm.) dalam iklan televisi obat/jamu
masuk angin, Antangin JRG. Dulu, iklan tersebut begitu sering menghiasi layar
kaca. Miliaran rupiah dihabiskan PT Deltomed Laboratories untuk mengangkat
awareness terhadap mereknya lewat iklan tersebut. Memang berhasil. Bintang
iklannya yang terkenal serta jargon yang jenaka terasa pas buat mendongkrak
Antangin.
Demikianlah Slogan bisnis yang kuat dapat membuat suatu keberhasilan dalam strategi pemasaran. Sebuah slogan yang kuat dan cerdas dan menarik akan membuat bisnis Anda berkesan bagi konsumen dan membuat sales Anda akan melonjak hanya dalam beberapa detik saja.
Sumber :http://vibizmanagement.com/column/index/category/sales_marketing/2334
http://masrizal-gati.blogspot.com/2009/01/swa-tolak-angin-berlari-kencang.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar